Pengertian Tentang Penyakit Kanker

Apa kabar semuanya? Masih sehat-sehat yaa, patutnya kita ucapakan syukur alhamdulilah kepada Tuhan yang Maha Esa. Kali ini saya akan lebih mendalami yang namanya penyakit kritis yang berbahaya bagi manusia yang biasa disebut “KANKER”.
 
Sebagai seorang agent penting untuk menguasai pengetahuan teknis tentang karakteristik produk crisis cover ini, sehingga dapat menjelaskannya kepada calon nasabah tentang manfaat dan keefektifannya. Akan lebih baik bila semua itu dilengkapi dengan perencanaan keuangan bagi calon nasabah untuk mengetahui total perlindungan asset dan akumulasi assetnya.

agen prudential resmi

Produk crisis cover memang penting untuk dijelaskan dan diberikan pemahaman terhadap calon nasabah secara detail. Pengetahuan dan pemahaman kita tentang penyakit kritis menjadi variabel kesuksesan kepada calon nasabah.

APA ITU KANKER ?

Kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk:
  • Tumbuh tidak terkendali ( pembelahan sel melebihi batas normal )
  • Menyerang jaringan biologis didekatnya
  • Berimigrasi kejaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau system limfatik, disebut metastasis.
Kanker dapat menyebabkan banyak gejala yang berbeda, bergantung pada lokasi dan karakter keganasan, serta ada tidaknya metastasis. Diagnosis biasanya membutuhkan pemeriksaan mikroskopik jaringan yang diperoleh dengan biopsy. Setelag didiagnosis, kanker biasanya dirawat dengan operasi, kemoterapi, atau radiasi.

Kebanyakan kanker menyebabkan kematian. Kanker ini adalah salah satu penyebab utama kematian di Negara berkembang. Kebanyakan kanker dapat dirawat dana banyak disembuhkan, terutama bila perawatan dimulai sejak awal, banyaka bentuk kanker berhubungan dengan factor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. 

Merokok dapat meneyebabkan banyak kanker daripada faktor lingkungan lainya.
Kanker adalah istilah umum untuk pertumbuhan sel tidak normal, ada sekitar 100 tipe kanker dari stadium rendah  yang bisa disembuhkan atau pun stadium lanjut yang membutuhkan perawatan insentif. Nama kanker berdasarkan organ atau sel tipe kanker.

GEJALA UMUM KANKER

Benjolan yang tumbuh
Benjolan ini biasanya ditemukan dipayudara, leher, ketiak atau bagian tubuh lainnya. Benjolan ini biasanya tidak terasa sakit saat ditekan. Rasa sakit akan timbul saat benjolan telah membesar.

1.       Sakit yang tidak kunjung membaik
Beberapa jenis kanker seperti kanker paru dan kanker rahim tidak memperlihatkan benjolan yang kasat mata. Hal inilah yang menyulitkan pada pemeriksaan deteksi awal. Pasien biasanya merasa kesakitan saat benjolan telah mulai membesar. Alhasil, pasien memburuk meski telah diobati dengan berbagai obat atau antibiotic.

Bebeberapa gejala kesakitan secara umum akibat kanker sebagai berikut:
  • v  Koreng atau borok yang sulit sembuh
  • v  Pengeluaran darah tidak normal dari hidung,mulut,alat vital atau anus
  • v  Batuk yang semakin memburuk
  • v  Suara menjadi serak secara permanen
  • v  Gangguan BAB ( diare atau sembelit )
  • v  Rasa tidak nyaman pada perut dan pinggul
  • v  Gangguan dalam proses buang air kecil
  • v  Perubahan bentuk, ukuran atau warna pada tahi lalat.
2.      Penurunan bobot badan secara drastic
Pasien kanker biasanya mengalami penurunan bobot badan secara drastis dalam waktu singkat tanpa sebab pasti. Misalnya, penurunan bobot badan sebesar 10 kg dalam waktu singkat (1-3) bulan tanpa upaya diet dari pasien. Hal tersebut patut dicurigai sebagai gejala kanker.

PENYEBAB PENYAKIT KANKER

1.       Lingkungan
suatu senyawa yang dikenal sebagai karsinogen bisa benar-benar menyebabkan kanker.karsinogen yang paling terkenal adalah asap tembakau. Karsinogen yang lain mencakup sinar matahari,radiasi,asbes,dan tembakau yang dikunyah.

2.        Gen
Beberapa jenis kanker seperti kanker kolon dan kanker payudara sering terjadi dalam satu keluarga. Hal itu tidak berarti bahwa seluruh keluarga akan terkena kanker, tetapi mereka memiliki resiko lebih tinggi untuk mengidap kanker dibandingkan dengan orang lain.

3.        Infeksi virus
Beberapa virus bisa mengubah materi genetis sel-sel sehingga sel tersebut nantinya cenderung lebih mudah membentuk kanker. Kanker sering terjadi pada mereka yang mengalami gangguan system kekebalan tubuh, misalnya mereka yang mengkonsumsi obat yang berfungsi menekan system kekebalan tubuh atau mereka yang terkena AIDS.

PENCEGAHAN PENYAKIT KANKER
Untuk mencegah dan sekaligus menghindari terjangkitnya penyakit kanker ada baiknya untuk disiplin dalam mengkonsumsi berbagai jenis makanan, ada banyak makanan yang mengandung zat-zat pelindung yang bisa mengurangi kerusakan jaringan akibat radikal bebas atau berpotensi mengurangi pertumbuhan sel, yaitu :

Antioksidan
Antioksidan merupakan unsur penting dalam makanan dan terlibat dalam pemeliharaan serta perbaikan DNA dan sel.

 Fitoestrogen
Fitoestrogen hamper mirip dengan estrogen, namun lebih lemah daripada estrogen yang diproduksi sendiri oleh tubuh. Fitoetrogen dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu isoflavon dan lignan. Isoflavon berhubungan dengan protein pada makanan, sementara lignan dengan serat.

Senyawa bioaktif lain. 
Banyak makanan mempunyai fungsi diluar vitamin dan mineral yang dikandungnya. Riset membuktikan bahwa beberapa senyawa kimia yang terkandung memiliki reaksi yang baik untuk kesehatan. 
Makanan kaya karbohidrat dan protein
Makanan yang berkabohidrat dan berprotein nabati banyak  mengandung nutrisi yang bisa mencegah kanker
  • Serat
  • Vitamin( vitamin B )
  • Karotenoid ( terdapat dalam ubi jalar dan talas )
  • Folat ( terdapat dalam kacang-kacangan )
  • Vitamin E ( terdapat dalam sereal padi-padian )
  • Vitamin C ( Teradapat dalam kentang dan polong-polongan )
GEJALA DAN PENCEGAHAN KANKER
Cara mendeteksi gejala kanker dari hal-hal sebagai berikut ini :

  • Waktu buang air besar atau kecil ada perubahan kebiasan atau gangguan
  • Alat pencernaan terganggu dan susah menelan
  • Suara serak dan batu yang tidak kunjung sembuh
  • Payudara atau ditempat lain ada benjolan
  • Tahi lalat yang berubah sifat, menjadi semakin besar dan gatal
  • Darah atau lendir yang tidak normal keluar dari lubang tubuh
  • Ada koreng atau borok yang tidak bisa sembuh
Kanker dapat dicegah dengan melakukan dengan gaya hidup sehat dan menjahui faktor resiko terserang kanker. Berikut beberapa cara pencegahan kanker secara dini :
  1. Hindari makanan tinggi lemak , makanan instan yang mengandung bahan pewarna dan bahan pengawet , serta makanlah makanan dengan gizi seimbang.
  2. Hindari hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan
  3. Hindari rokok
  4. Hindari stress dan konfilk yang berkepanjangan
  5. Periksalah kesehatan secara berkala
  6. Minumlah airmurni yang sudah melalui proses penyaringan
  7. Hindari terkena sinar matahari yang berlebihan
  8. Hindari terapi sulih hormon
  9. Hindari penggunaan hormon sistesi saat KB dalam jangka waktu lama
  10. Rutin mengkonsumsi vitamin
KANKER PAYUDARA
Kanker payudara adalah sebuah kondisi sel-sel kanker tumbuh di organ payudara. Seperti diketahui sel kanker merupakan sel tumbuh yang berubah menjadi sel tidak normal.

KANKER PAYUDARA PRIA  
dominasi serangan penyakit kanker tak hanya dialami oleh kaum hawa( wanita). Namun, bukan berarti kaum pria terbebas dari penyakit pembunuh ke-5 di dunia itu. Pria juga memiliki jaringan payudara yang dapat mengalami kanker. Tetapi hamper 80% pria  tidak menyadari mereka punya resiko menderita kanker payudara.

Dalam laporan kanker dunia 2014, organisasi kesehatan dunia ( WHO ) memprediksi, jika situasi tidak berubah, 20 persen pria akan menderita kanker sebelum umur 75 tahun ditahun 2030, dan 16 persen akan meninggal karena penyakit tersebut.

Para peneliti masih belum mengetahui mengapa pria bisa menderita kanker payudara. Menurut ahli urologi kliesch, beberapa faktor resiko bagi pria,termasuk sejarah penyakit kanker payudara diantara anggota keluarga perempuan. Mereka yang menderita syndrome klinefelter juga lebih beresiko terkena penyakit kanker payudara. Syndrome klinefelter adalah kelainan genetic pada laki-laki yang diakibatkan oleh kelebihan kromosom X. pria yang menderita syndrome klinefelter memiliki kemungkinan 15 hingga 50 persen lebih tinggi untuk terkena kanker payudara.

Kanker payudara  pria adalah penyakit yang sangat dipengaruhi factor hormonal. Ada banyak bukti jika ditangani sejak dini, prognosisnya akan lebih baik dibandingkan dengan wanita.

Menurut US National Cancer Institute, sekitar satu persen pria mengalami kanker payudara dari keseluruhan kasus kanker payudara. Kanker ini cenderung menyerang pria berusia 60 sampai 70 tahun. Tanda paling umum untuk kanker payudara pada pria dan wanita adalah suatu benjolan atau penebalan pada payudara yang tidak menimbulkan rasa sakit.

Diungkapkan dalam mayoclinic, gejala kanker payudara pria antara lain :
  • Kulit dimpling atau mengalami kerutan
  • Pengembangan lekukan dari putting
  • Perubahan pada kulit puting susu atau payudara seperti kemerahan
  • Kanker payudara yang dimulai dikelenjar susu ( lobules ) tapi ini jarang terjadi pada pria
  • Kanker payudara yang menyebar ke puting susu ada yang menyebar disaluran ke puting susu
FAKTOR RESIKO KANKER PAYUDARA PRIA

1)      Berusia antara 60-70 tahun
2)      Mengkonsumsi alcohol secara berlebihan
3)      Mengkonsumsi obat yang memacu estrogen
4)      Sejarah keluarga dengan kanker payudara
5)      Sindrome klinefelter ( kelainan genetic )
6)      Penyakit hati seperti cirrhosis
7)      Obesitas
8)      Terkena radiasi

KANKER PAYUDARA WANITA
Pada  wanita khususnya, payudara adalah salah satu orang paling pribadi. Penting artinya memeriksa kondisi payudara secara berkala. Benjolan,penebalan,dan perubahan warna kulit menjadi kemerahan patut diwaspadai sebagai inidikasi kanker. Rasa gatal, kulit mengelupas, ruam dipayudara berminggu-minggu juga perlu diwaspadai. Perubahan lain pada kulit payudara,seperti bengkak,kulit tertarik kedalam, atau mengerut juga harus dicurigai sebagai gejala.

Data WHO menunjukan bahwa 78% kanker payudara terjadi pada wanita usia 50 tahum keatas . hanya 6%nya terjadi pada mereka yang berusia kurang dari 40 tahun. Meski demikian, kian hari makin banyak penderita kanker payudara yang berusia 30 tahun-an. Oleh karena itu jika anda termasuk golongan yang beresiko tinggi, meski baru berusia 30 tahun tak ada salahnya untuk lebih bersikap waspada terhadap perubahan yang terjadi pada payudara anda.

Setelah membaca artikel yang saya buat ini, sangatlah penting untuk menjaga kesehatan anda sejak dini. Dengan kondisi yang sekarang baik belum tentu besok akan baik seperti kemarin. Jika memang anda sudah tervonis dokter menderita kanker, sudah siapkah anda untuk pengobatan dengan biaya yang mahal. Karena stadium kanker ada tahapannya stadium I, stadium II, stadium III, stadium IV, banyak usaha yang dilakukan supaya sembuh. 

Tidak perlu khawatir saya sebagai seorang agent asuransi akan senantiasa membantu anda dalam berbagai hal kesulitan terutama dengan kondisi financial anda. Prudential ini mempunyai produk khusus yaitu ESCC ( Early stage crisis cover ) yang akan memberikan manfaat kondisi kritis ( ada 3 tahap ) sebagai berikut :

TAHAP AWAL :
  • Terdiri dari 38 kondisi ktitis tahap awal
  • Akan dibayarkan 50% UP ESCC plus dan mengurangi UP ESCC plus
  • Melewati 14 hari survival period dari tanggal terpenuhi criteria kondisi kritis tahap awal
TAHAP MENENGAH :
  • Terdiri dari 26 kondisi kritis tahap menengah ( sesuai table ESCC plus )
  • Akan dibayarkan 100% UP ESCC plus dan mengurangi UP ESCC plus
  • Melewati 14 hari survival period dari tanggal terpenuhi criteria kondisi kritis tahap menengah
TAHAP AKHIR :
  • Terdiri dari 48 kondisi kritis tahap akhir ( sesuai table ESCC plus )
  • Akan dibayarkan 100% UP ESCC plus dan mengurangi UP ESCC plus
  • Melewati 14 hari survival period dari tanggal terpenuhi criteria kondisi kritis tahap menengah
          Maksimal terjadi dalam 2x manfaat kondisi kritis ( tahap awal, menengah atau akhir )atau 2x klaim
·         Maksimal pembayaran manfaat ESCC plus adalah 100%, maka manfaat rider ESCC berakhir
·         Tidak ada masa tunggu antar tahap kondisi kritis ( awal, menengah, akhir ).Berlaku pengecualian sesuai polis

MANFAAT TAMBAHAN PADA ESCC PLUS
Angioplasty dan penatalaksanaan minimum invasif lainnya untuk pembuluh darah jantung :
  • Tambahan 10% UP ESCC plus, maks Rp. 75 juta/USD 9.375
  • Hanya dibayarkan 1x perjiwa, sesuai dengan ketentuan diatas
  • Telah melewati 14 hari survival period
Komplikasi diabetes :
  • Tambahan 20% UP ESCC maks. 200 juta / USD 25.000
  • Telah melewati 14 hari survival period
  • Meliputi diabetic retinopathy, diabetic neprophaty, amputation
KETENTUAN :
·         Manfaat tambahan ini dklaim jika rider ESCC plus masih aktif/belum berakhir
·         Pembayaran manfaat tambahan ini tidak mengurangi UP ESCC plus
·         Setiap pengajuan manfaat tambahan tetap mengacu dalam criteria kondisi kritis tambahan dalam tabel kondisi kritis ESCC plus

MANFAAT KONDISI KRITIS KATASTROPIK ESCC PLUS
  • Manfaat tambahan 20% UP ESCC plus jika termasuk kondisi katastropik ( sesuai table )
  • Manfaat ini hanya dibayarkan 1x dan rider ESCC Plus akan berakhir setelah pembayaran katastropik
  • Telah melewati 14 hari survival period
KONDISI KRITIS KATASTROPIK :
  • Kanker dengan metastasis
  • Stroke parah
  • Serangan jantung ekstensif
  • Transpalantasi jantung maupun paru-paru
  • Kelumpuhan anggota gerak tubuh ( Quadriplegia ) total sebagai akibat cedera tualng punggung
KETERANGAN :
Total pembayaran manfaat maksimal 150% UP ESCC plus ( untuk setiap polis )
BLOGGER BISNIS

Stokis pallet plastik bekas murah terpercaya di jawa timur

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama